• SMK NEGERI 1 KAPETAKAN
  • Sebisa Bisa Kudu Bisa Pasti Bisa

Pramuka

Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan, merupakan salah satu bentuk kegiatan yang kegiatan pendidikan penunjang kurikulum inti yang bertujuan membantu pembentukan karakter anak didik yang disiplin, mandiri, memiliki keterampilan hidup, dan kecakapan kepemimpinan.    

Secara konsepsional Kurikulum 2013 memiliki landasan filosofis, teoritis yang mengikat struktur kurikulum yang komprehensif untuk mencapai kompetensi inti. Kompetensi inti ini meliputi pertama, sikap (spiritual dan sosial), kedua, kompetensi pengetahuan, dan ketiga, kompetensi keterampilan.

Setiap proses pendidikan di sekolah, termasuk penyelenggaraan ekstra kurikuler di sekolah, dimaksudkan untuk mengembangkan kapasitas ketiga dimensi tersebut.

Pendidikan Kepramukaan yang merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler wajib di Sekolah adalah merupakan bagian yang sejalan dan relevan dengan amanat Sistem Pendidikan Nasional dan Kurikulum 2013.

Dalam praktiknya, Pendidikan Kepramukaan di sekolah dilaksanakan sesuai dengan Buku Panduan atau Petunjuk Pelaksanaan yang dikembangkan berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikinas dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang Petunjuk Pelaksanaan kegiatan Kepramukaan. Dalam Pelaksanannya, kegiatan Kepramukaan dilaksanakan dengan tiga pendekatan atau sistem, yaitu :

  1. Model Blok

Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Lebih tepatnya disisipkan pada kegaatan Masa Orientasi Sekolah. Model Blog Ini Bersifat wajib diselenggarakan setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.

Karakteristik dari penerapan model blok ini, peserta didik tidak diwajibkan memakai seragam pramuka dan di handle oleh guru bidang studi bersangkutan dengan dibantu oleh pembina pramuka.

 

  1. Model Aktualisasi

Model Aktualisasi adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari di dalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan. Bersifat wajib, rutin, terjadwal, berlaku untuk seluruh peserta didik dalam setiap kelas, terjadwal, dan diberikan penilaian formal.

Karakteristik pelaksanaan model aktualisasi antara lain : Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu minggu satu kali; Satu kali kegiatan model aktualisasi dilaksanakan selama 120 menit; Kegiatan Aktualisasi diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Latihan Ekstrakurikuler Pramuka pada Gugusdepan; Kegiatan diorganisasikan oleh Pembina Pramuka.

 

  1. Model Reguler

Model Reguler adalah kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugusdepan. Karakteristik pelaksanaan model reguler antara lain : Diikuti oleh siswa yang berminat mengikuti kegiatan Gerakan Pramuka; Pelaksanaan kegiatan sepenuhnya dikelola dan diatur oleh Gugusdepan Pramuka pada satuan pendidikan.(MIN 10, dari berbagai sumber)

Halaman Lainnya
Webmail

Webmail

24/07/2020 09:55 - Oleh Administrator - Dilihat 72 kali
KONSELING ONLINE

BIMBINGAN KONSELING ONLINE

19/05/2020 23:11 - Oleh Administrator - Dilihat 102 kali
Kelulusan

https://kelulusan.smkn1kapetakan.sch.id

24/04/2020 15:50 - Oleh Administrator - Dilihat 96 kali
Identitas Sekolah

Identitas Sekolah NPSN : 69973159 Status : Negeri Bentuk Pendidikan : SMK Status Kepemilikan : Pemerintah Daerah SK Pendirian Sekolah : 423/3803-Set.Disdik Tanggal SK Pendirian : 20

21/04/2020 08:27 - Oleh Administrator - Dilihat 285 kali
Keputrian

Keputrian

19/04/2020 14:33 - Oleh Administrator - Dilihat 198 kali